Jumat, 01 Maret 2013

Syukurin!! Sok Sih…


Balik lagi dengan saya disini, dengan kisah yang lain yang tadi tiba-tiba keinget. Masih ada hubungannya sama Tante K penunggu pohon cermai dirumah sebelah. Tapi kali ini saya cuma di ceritain sama ayah dan sepupu saya, soalnya kejadiannya udah jam 12 malam, anak kecil kalo jam segitu udah jalan-jalan dipulau kapuk alias molor. Cerita ini masih ketika saya SD. Okelah cekidot…

Saya dan keluarga punya usaha toko sembako kecil-kecilan, posisinya ada di garasi rumah. ( berhub. ga punya mobil ya garasinya dimanfaatin ) Nah semenjak punya warung tuh, bapak-bapak yang pada ronda dan para anak muda pada suka ngumpul sampai jam 1 dini hari. Tapi ini gak setiap hari, mereka ngumpul sampai jam segitu tuh cuma selain senin dan kamis. Berarti malam selasa dan malam jum’at. Di kedua hari itu mereka suka pulang jam 11, jadi toko juga bakal tutup jam segitu.

Naaaaaaaahhhh… waktu itu kakak sepupu saya yang dari jogja. Panggil saja Mas Toro, kebetulan di suruh sama ibu buat ke jakarta. Maksudnya bantu-bantu jaga toko, soalnya dia di Jogja kerjanya cuma maiiiiiiinnnnn mulu.

Nah pas malem jum’at kalo gak salah inget sih. Ayah sama Mas Toro nonton acara Uka-uka ( hayooo siapa yang masih inget ) yang di siarin di TPI. Nah ayah iseng tuh.

Ayah : Ro, berani gak kamu uji nyali kaya begitu?

Mas Toro : Berani om! ( sok”an gitu deh, padahal aslinya takut )

Ayah : Kalo beneran berani tak kasih uang 100.000. ( dimasa aku SD uang 100.000 tuh besar banget )

Mas Toro : beneran lho, om. Oke dimana?

Ayah : Gak sah jauh-jauh. Nanti malem kamu yang nutup toko ya. Tapi hari ini tutupnya jam 12′an aja.

Nah karena merasa bakal dapet rezeki Mas Toro mengiyakan tantangan ayah. Malamnya sesuai perjanjian dan hanya berbekal keberanian seadanya *hahaha lebay* Mas Toro yang nutup toko.

Tapi emang dasar ya orang kalo penakut tuh mau diiming-imingi uang kaya gimana, keberanian tetep aja sirnah. Mungkin Tante K denger taruhan ayah sama Mas Toro tadi, jadi menurut ayah si Tante udah stand by ditembok pembatas rumah saya dengan rumah sebelah. Ayah yang ngerasa harus ngawasin Mas Toro ngeliatin Mas Toro dari dalam.

1 kayu penutup toko terpasang. Aman. Kayu kedua terpasang. Masih aman juga. Nah pas Mas Toro mau masang kayu ketiga, tiba-tiba…

T.K = Tante K        M.T = Mas Toro

T.K : Permisi mas, telurnya masih ada?

M.T : ( karena kehalangan kayu jadi gak liat ada orang atau ndak ) ada mbak. mau beli berapa kilo?

Ini ayah di dalam rumah cuma ketawa-ketawa aja.

T.K : sekilo aja mas?

Nah begitu kayu ketiga terpasang dengan sempurna di jalurnya, Mas Toro masuk kedalam warung buat nimbangin telur. Begitu udah ditimbang dan dimasukin kedalam plastik, Mas Toro bawa tuh telur kedepan rumah. Maksudnya mau di kasih ke orang yang tadi. Tapi begitu Mas Toro keluar dari warung… Jreeeeeeeeeeeenggg tuh cewek nggak ada. Mas Toro celingukan ke kanan kiri. Terus tiba-tiba bulu kuduknya merinding dan dia lari masuk rumah sambil bawa-bawa telur *untung gak pecah*

Ayah : Lho? kenapa? itu telur malah digendong2. ga jadi beli orangnya?

M.T : Asem, om. Wes gak mau lagi aku tutup toko malam-malam.

Ayah yang melihat Mas Toro ketakutan sampai merinding cuma ketawa ngakak.

Ayah : Makanya jangan sok berani. ya udah sana, taruh lagi telurnya. Kalo sampai pecah bisa diomelin kamu sama ibunya anak-anak. Biar aku yang tutup warung.

Ayah berjalan menuju toko di ikutin Mas Toro yang masih gemetar gara-gara kejadian tadi. Ditoko Mas Toro tanya-tanya perihal cewek yang mau beli telur tadi, ayah cuma bilang ke dia besok-besok kalo mau tutup warung baca do’a dulu biar gak dikerjain lagi.

Yah, sebenarnya keusilan Tante K itu dari awal kami buka toko sudah sering seperti itu, disuka banget pura-pura jadi pelanggan. Tapi keisengan Tante K cuma begitu saja, dia gak pernah sampai mengganggu yang benar-benar mengganggu. Malah kadang, kalo anak-anak komplek pada main dan lupa waktu Tante K selalu ngingetin ” pulang dulu, mau magrib ” itu kata-katanya. Jaman SD, denger suara gak ada wujud pastilah kita langsung ambil langkah seribu.

Tapi makasih juga buat Tante K dan kawan-kawannya. Berkat mereka, gak ada maling yang berani nyatroni daerah Teratai XI dan sekitar. Hihihi

Done. Maaf ya kalo cerita berantakan. Besok-besok saya cerita yang lain lagi. Masih banyak pengalaman saya dan keluarga tentang MG atau yang bersinggungan dengan dunia mereka. Terima kasih sudah mau membaca dan berkomentar. Salam. ^^
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Tidak ada komentar:

Posting Komentar